News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Bangunan Sejarah Di Tanah Pangkal Perjuangan, Nasibmu Kini Yang Terkesan Tak Terawat

Bangunan Sejarah Di Tanah Pangkal Perjuangan, Nasibmu Kini Yang Terkesan Tak Terawat

Karawang,Wartapasundan.id
Bangunan bersejarah menjadi saksi bisu bagaimana sebuah bangsa di masa lalu sehingga perlu dijaga kelestariannya. Di Indonesia, khususnya di Karawang dengan julukan tanah pangkal Perjuangan sebagian bangunan bersejarah itu justru kini terkesan tak terawat. 

Eyang Andri sebagai kuncen yang juga anggota Paguyuban Singaperbangsa mengajak pemerintah kabupaten Karawang dan masyarakat untuk menyelamatkan dan merawat bangunan bersejarah makam Adipati Singaperbangsa yang ada di Desa Manggung Jaya kecamatan Cilamaya Kulon kabupaten Karawang.


Dia menyampaikan keprihatinannya, karena bangunan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi yakni di Manggung Jaya kondisinya terkesan kurang terawat dan akses jalan mulai banyak yang rusak.

"Bangunan di area makam banyak yang tidak layak dan butuh perbaikan diantaranya batik gapura yang didepan jalan seni nya kurang,kemudian fasililtas jalan yang kurang baik dan pagar dalem makam Bupati sendiri dan bangunannya sudah pada retak",ucap Andri pada Sabtu,14 agustus 2021.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa meski pakaimarmer makam Singaperbangsa tidak layak karena struktur bentuknya kurang, bahkan ia membandingkan dengan Bangun sejarah di kota lain.

"Coba lihat bangunan di Banten,Bogor, Banten serta jogja memang bener bener bagus, ada bebrapa yang harus diperbaiki termasuk pintu yang harusnya di ukir atau ada ciri khasnya,"kata Andri.

Andri pun mengatakan seharusnya pemerintah daerah harus menghargai para pejuang dahulu dan ia berpesan pemkab karawang harus bisa memperhatikan kembali bangunan bersejarah dan makam adipati Singaperbangsa.(Hend)

SILSILAH KEPALA DAERAH KABUPATEN KARAWANG. 

1. RADEN ADIPATI SINGAPERBANGSA (1633-1677) 
Raden Adipati Singaperbangsa putra Wiraperbangsa dari Galuh (Wilayah Kerjaaan Sumedanglarang) Bergelar Adipati Kertabumi IV. Pada masa pemerintahan Raden Adipati Singaperbangsa, pusat pemerintahan Kabupaten Karawang berada di Bunut Kertayasa. Sekaranpg termasuk wilayah Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat. 

Dalam melaksanakan tugasnya Raden Adipati Singaperbangsa didampingi oleh Aria Wirasaba, yang pada saat itu oleh kompeni disebut sebagai “ HET TWEEDE REGENT “, sedangkan Raden Adipati 
Singaperbangsa sebagai “HOOFD REGENT”. 
Raden Adipati Singaperbangsa, wafat pada tahun 1677, dimakamkan di Manggung Ciparage, Desa 
Manggung Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon. 
Raden Adipati Singaperbangsa, dikenal pula dengan sebuatn Kiai Panembahan Singaperbangsa, atau Dalem Kalidaon atau disebut juga Eyang AMnggung.

2.RADEN ANOM WIRASUTA (1677-1721) 
Raden Anom Wirasuta Putra raden Adipati Singaperbangsa bergelar Adipati Panatayudha I.Beliau dilantik menjadi Bupati di Citaman Pangkalan. Beliau setelah wafat, dimakamkam di Bojongmanggu pangkalan, Karena beliau dikenal pula dengan sebutan Panembahan Manggu.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar