News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Hari Dharma Karya Dhika Gelar Legal Expo 2021 Wujudkan Pelayanan Kelas Dunia Semakin Pasti

Jelang Hari Dharma Karya Dhika Gelar Legal Expo 2021 Wujudkan Pelayanan Kelas Dunia Semakin Pasti

BANDUNG -Wartapasundan.id

Gelaran Legal Expo telah menjadi agenda rutin dalam beberapa tahun terakhir menjelang peringatan Hari Dharma Karya Dhika. Legal Expo dimaksudkan untuk lebih mendekatkan diri Kementerian Hukum dan HAM dengan masyarakat, dimana dalam hal ini masyarakat merupakan Pengguna Layanan (Senin, 25/10/2021). 

Legal Expo dalam rangka Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021 ini diselenggarakan di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Jl. Jakarta No. 27 Bandung dan akan berlangsung selama 2 (dua) hari kedepan mulai tanggal 25-26 Oktober 2021.

Pameran Layanan Publik (Legal Expo) serentak dilaksanakan di seluruh Unit Pusat dan 33 Kantor Wilayah di Indonesia. Meskipun Layanan Publik di Kementerian Hukum dan HAM pada kenyataannya sudah berbasis Online (E-Governance), tetapi dalam gelaran kali ini membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya Masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya untuk datang dan ikut berpartisipasi pada gelaran Legal Expo 2021 ini.

Gelaran Legal Expo tahun 2021 terdiri dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu ; 1. Virtual Expo (11 Virtual Booth Unit Eselon I), 2. Webinar Series (25 Oktober : Ditjen AHU dan BPHN), (26 Oktober : Ditjen Imigrasi dan Ditjen KI), 3. Pameran Layanan Publik di Mall Lotte Avenue (Unit Pusat), 4. Pameran Layanan Publik serentak di Kantor Wilayah.

Ketua Penyelenggara Legal Expo Sekretaris Badan Pembinaan Hukum Nasional Audy Murfi menyampaikan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Direktorat Jenderal Imigrasi dan Direktorat Kekayaan Intelektual.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahardian Muzhar mewakili Menteri Hukum dan HAM menyampaikan "Layanan Publik di Kementerian Hukum dan HAM telah didigitalisasi di hampir seluruh layanan yang diberikan, hal ini dimungkinkan untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.


Kemenkumham berkomitmen mendorong kemudahan berusaha bagi masyarakat, Kemenkumham terus berinovasi mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Wujud birokrasi digital dilaksanakan memudahkan penyampaian informasi sedetail mungkin kepada masyarakat dengan mengedepankan protokol kesehatan di era Pandemi Covid-19.

Kami akan terus berupaya mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan membuka seluas-luasnya kemanfaatannya bagi pemulihan ekonomi masyarakat Indonesia demi terciptanya Pelayanan Kelas Dunia semakin PASTI". 

Kementerian Hukum dan HAM terus mendorong percepatan digitalisasi layanan hukum guna melahirkan pelayanan publik yang transparan, adil, partisipatif, dan akuntabel sehingga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas dan tanpa batasan waktu.

Komitmen untuk mewujudkan pelayanan kelas dunia juga diwujudkan melalui penetapan kebijakan-kebijakan yang berfokus untuk mendorong kemudahan berusaha (ease of doing business) di Indonesia, seperti penyederhanaan perizinan dalam mendirikan usaha (starting a business), memperoleh pinjaman (getting credit), dan penyelesaian perkara kepailitan (resolving insolvency). 

Dengan HDKD Tahun 2021, seluruh insan Kementerian Hukum dan HAM tetap berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah mewujudkan birokrasi yang lebih adaptif, cepat dalam proses pelayanan, dan pengambilan keputusan dengan dukungan teknologi digital.

Di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Legal Expo dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Sudjonggo didampingi Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, ditandai dengan pengguntingan balon secara simbolis sebagai tanda diresmikannya penyelenggaraan Legal Expo tahun 2021 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Dalam sambutannya Sudjonggo menyampaikan, “Semoga layanan publik di Kanwil Kemenkumham Jawa Barat bisa menyentuh kepada seluruh elemen masyarakat dan tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya Masyarakat Jawa Barat”.

Gelaran Legal Expo Tahun 2021 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat didukung dan dimeriahkan oleh 12 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu : 1. Medina Lux (Panci), 2. Lia Pik (Aneka Keripik), 3. Dapur Ceu Nin (Siomay), 4. Seyna El (Batagor Kering), 5. MABA - Tunggal Harapan Jaya, 6. Jahe Merah, 7. Colenak Bandung Murdi, 8. Chaw-Chaw (Keripik Pisang Aneka Rasa), 9. Diana Kitchen (Flos Roll Roti Ambon), 10. Sofnural (Minuman Herbal), 11. Prada Optical, 12. Chuangky BOS serta Radio MGT 101.1 FM Bandung dalam menyebarluaskan informasi layanan yang ada di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat pada Khususnya dan Layanan di Kementerian Hukum dan HAM pada umumnya.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar