News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Masuki Musim Hujan Ini Pesan Anggota Dewan Karawang

Masuki Musim Hujan Ini Pesan Anggota Dewan Karawang



KARAWANG -Wartapasundan.id

Kewaspadaan akan meningkatnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Karawang, yang memasuki musim penghujan. Anggota Komisi IV DPRD Karawang Taman SE., meminta masyarakat untuk menjalankan 3 M.

Disaat musim penghujan populasi nyamuk aedes aegypti akan meningkat karena telur yang belum menetas akan menetas ketika habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air hujan.

Menurut politis gerindra, Kondisi (genangan air) tersebut akan menigkatkan populasi nyamuk sehingga dapat menyebabkan peningkatan penularan penyakit DBD.

"kelangsungan hidup nyamuk aedes aegypti akan lebih lama bila tingkat kelembaban tinggi selama musim hujan, sehingga masyarakat harus lebih waspada pada saat memasuki musim penghujan ini" ungkap Taman saat di hubungi Rabu (03/11/2021).

Taman yang juga Ketua Pansus Raperda Penanggulangan Penyakit Menular dan Tidak Menular mengatakan, Untuk itu masyarakat harus waspada dan menerapkan hidup sehat dengan melakukan 3 M. 

"Yang dimana 3 M itu, Menutup, Menguras (penampungan air) dan mendaur ulang (sampah yang berpotensi jadi tempat genangan air) agar bisa terjaga dari penyakit DBD,” ujarnya.

Antisipasi juga dapat dilakukan dengan cara menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air, menggunakan kelambu saat tidur, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah.

Dan juga Taman mendorong agar Pemerintah Derah baik Desa bisa berupaya untuk melakukan pengasapan atau poging sebagai bentuk kepedulian dan sosialisasi mencegah DBD.

“Saya juga meminta agar Pemkab melalui Dinas Kesehatan untuk melakukan sosialisasi pencegahan DBD kepada masyarakat, serta melakukan poging di titik-titik rawan sebagai upaya pencegahan,” pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar