News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

KKN Unsika, Pemanfaatan Media Sosial dalam Pengenalan Kegiatan Di Sekolah

KKN Unsika, Pemanfaatan Media Sosial dalam Pengenalan Kegiatan Di Sekolah


Karawang,Wartapasundan.id
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakah salah satu tugas dan kewajiban para mahasiswa, termasuk mahasiswa di Universitas Singaperbangsa Karawang yang melakukan KKN dimulai tanggal 20 Oktober s/d 27 November 2021.

Pelaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini merupakan integrasi dari kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen yang bertema Sosialisasi Desain Didaktis kepada Guru Sekolah Menengah yang dibimbing oleh Redo Martila Ruli S.pd M.pd, selaku dosen dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNSIKA.

Beranggotakan 12 mahasiswa dari beberapa fakultas yang berbeda yaitu dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Agama Islam (FAI), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP).  
KKN tahun ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) IGN Slamet Riyadi Karawang yang dilakukan secara virtual webminar.

"Untuk penentuan program kerja, kami melakukan diskusi bersama dengan dosen pembimbing lapangan serta dengan Kepala Sekolah SMP IGN Slamet Riyadi. Dari beberapa pilihan program kerja, akhirnya disepakati bersama bahwa program kerja KKN tahun ini adalah pemanfaatan media sosial guna membantu sekolah dalam memperkenalkan sekolah SMP IGN Slamet Riyadi kepada masyarakat" ujar Fikry Azis Ramadhan.(Minggu,5/12/21)

Dalam Hal ini Kepala Sekolah IGN Slamet Riyadi mengatakan, Keberadaan media sosial milik sekolah sudah beroperasi salah satunya yaitu instagram.

“Kalau media sosial aktif dan untuk kontennya kami cukup lebih sering mengupload beberapa kegiatan terutama dari mata pelajaran seni budaya dan kegiatan OSIS” kata Kepala Sekolah SMP IGN Salmet Riyadi.

Program kerja yang dilakukan merupakan upaya dari mengaktifkan kembali media sosial yang sudah dimiliki oleh sekolah sehingga dapat membantu sekolah dalam mempublikasikan setiap kegiatan, sarana dan prasarana, SDM, serta keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh sekolah.

“Untuk website sekolah masih dalam proses pembuatan desainnya. Nanti setelah jadi bisa di diskusikan, kalau untuk podcast sudah ada alat-alatnya bisa di konsultasikan dengan salah seorang guru. Seperti materi untuk podcast disiapkan terlebih dahulu” imbuh Kepala Sekolah. 

Pembelajaran yang diterapkan di SMP IGN Slamet Riyadi berbasis menghasilkan suatu produk. Jadi, setiap siswa menghasilkan dan menerapkan pelajaran dari kehidupan sehari-hari agar lebih paham serta kolaborasi antara pelajaran satu dengan yang lainnya. 

"Misalkan, pelajaran Bahasa Inggris mengenai teks prosedur, berkolaborasi dengan pelajaran IPA dan gurunya dalam memperlihatkan hasil kerja dari teks prosedur siswa tentang cara menanam biji bunga sembari mempresentasikan teks prosedur menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini sejalan dengan tema KKN yang telah kami pilih tentang desain didaktis, dan kami rasa kegiatan sosialisasi desain didaktis ini akan sejalan dengan proses pembelajaran yang saat ini sudah berjalan di sekolah IGN Slamet Riyadi," pungkas Kepala Sekolah IGN Slamet Riyadi.(red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar