News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Pecinta Seni dan Budaya Minta Pemerintah Berikan Sertifikasi Profesi Seniman

Pecinta Seni dan Budaya Minta Pemerintah Berikan Sertifikasi Profesi Seniman


KARAWANG - Wartapasundan.id
Pada pembahasan kongres seniman sajabar ke I yang di selenggarakan beberapa waktu yang lalu,salah satunya dibahas mengenai pemajuan kebudayaan dan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk para seniman, Sertifikasi ini dinilai penting untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para pekerja seni yang ada di Indonesia khususnya di Jawa barat dan Kabupaten Karawang.

"Perlunya standar kompetensi dan sertifikasi di bidang kesenian,dikarenakan itu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan taraf dan jenjang kehidupan para seniman di jawa barat,khususnya di kabupaten Karawang" ujar Budi Setiawan

Berdasarkan hal tersebut, Budi setiawan mendesak pemerintah agar segera melakukan sertifikasi profesi untuk para seniman, dikarenakan Sertifikasi adalah Hak Seniman bukan Kewajiban, 
tapi Negara berkewajiban menjadi Fasilitator untuk Sertifikasi Seniman

Sertifikasi itu bertujuan untuk memetakan kemampuan para seniman berdasarkan kompetensi utamanya. Sehingga ke depan, setiap pengguna dapat milih kualitas yang dikehendaki berdasarkan pemetaan tersebut. Juga bagi para seniman tentu akan mendapatkan penghargaan ( materil maupun non materil ) berdasarkan kompetensinya.

Negara dalam hal ini hadir sebagai fasilitator untuk memberikan dorongan agar seniman terus kreatif dan memberi kontribusi bagi keberadaan Seni yg digeluti serta lebih jauh setiap saat meningkatkan Kekaryaan nya.

"Kita tidak usah berpikir dulu untuk gaji seniman yang diperoleh dari pemerintah, akan tetapi melakukan Sertifikasi Profesi dengan target yang disasar yakni para penari, pelukis, aktor, musisi, penyanyi maupun seniman lain untuk mengikuti sertifikasi kompetensi berbasis profesi. Standarisasi ini perlu selain untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni juga untuk memudahkan para seniman bersaing di kancah nasional maupun internasional" jelas Budi Setiawan.(red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar