News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Satgas Citarum Harum Sektor 18 Sidak Perusahaan Bata Ringan Di Ciampel, Berikut Hasilnya..!!

Satgas Citarum Harum Sektor 18 Sidak Perusahaan Bata Ringan Di Ciampel, Berikut Hasilnya..!!

Photo Jajaran satgas Citarum Harum Lakukan Sidak disalah satu perusahaan Desa Parung Mulya,Selasa  (01/02/22)

Karawang,Wartapasundan.id
Dansub Sektor 5/Parung Mulya Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum sektor 18 Serka Budi Hartono bersama jajaran Satgas Citarum Harum lainnya Sidak (Inspesksi Mendadak) ke pabrik bata ringan  yang dulunya PT.Mitra Bangun Grahatama sekarang dikelola PT.Mitra Liht Block.

Perusahaan tersebut berlokasi di dusun Sirma Galih RT 01/Rw 01 di Desa Parung Mulya Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawamg.


Hal itu merupakan kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan Satgas Citarum Harum dalam upaya percepatan pemulihan daerah aliran Sungai Citarum.

"Pengecekan/sidak ke pabrik untuk memastikan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) benar-benar difungsikan,"kata Dansub Sektor 5/Parung Mulya Serka Budi Hartono,pada Selasa 01 Maret 2022.

Dansub Sektor 5/Parung Mulya menambahkan pada saat melaksanakan sidak untuk limbah sementara nihil dikarenakan pabrik tersebut belum beroperasi.

"Saat kita lakukan pengechekan Perusahan tersebut masih melaksanakan rehab pelebaran bangunan,akan tetapi ada satu tempat tempat penampungan limbah limbah tersebut digunakan untuk pembuatan hebel,"ujarnya.

Dijelaskan Serka Budi Hartono bahwa pembuangan air tersebut digunakan ulang oleh perusahaan tersebut untuk pembuatan hebel.

"Jadi untuk penampungan tersebut tidak keluar dari area Perusahaan, karena masih digunakan untuk air atau limbah cairnya,"jelasnya.

Ia pun melihat langsung pabrik tekstil dalam operasionalnya tetap memanfaatkan atau memfungsikan IPAL, sebagian upaya untuk mengolah limbah cair dengan baik.

Hal itu sebagai bentuk kesadaran para pelaku usaha guna menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan.

"Tanggungjawab menjaga lingkungan, bukan hanya pemerintah, melainkan para pelaku usaha dan masyarakat secara umum harus sama-sama memiliki kepedulian dalam menjaga kelestarian lingkungan,"ujarnya.

Serka Budi mengharapkan,air yang dibuang dari sisa pengolahan air limbah melalui IPAL itu, benar-benar keluarnya sudah bening atau bersih.

"Dengan harapan air yang dibuang ke sungai itu benar-benar ramah lingkungan. Supaya ikan yang ada di Sungai Citarum tetap hidup,"tandasnya.

Sementara itu ditempat terpisah pihak PT. Mitra Light Block Cabang Tangerang melalui HRD Perusahaan Yoga menyebutkan,saat ini PT Mitra Bangun Grahatama yang berganti owner yang berpindah ke PT Mitra Light Blovk sekarang dalam proses rekonstruksi ulang area bangunan dan mesin operasional produksi.

" PT. Mitra Bangun Grahatama sudah tidak beroperasional produksi sejak 01 November 2021 dan sudah berubah asset kepemilikan ke Owner yg baru,sehingga oleh owner baru semua kondisi bangunan, mesin area produksi di rekonstruksi ulang termasuk dalam hal penanganan dan pengelolaan air limbah hasil produksi,"kata Yoga.

Lebih lanjut Yoga menambahkan, ketika nanti akan beroperasional produksi sudah tentu tidak menimbulkan masalah dalam hal pengelolaan air limbah.

Selain itu juga Yoga  juga menyambut baik kedatangan Satgas Citarum Harum dalam sidak gabungan yang dilakukan terhadap perusahaannya itu.

"Kami sangat berterimakasih atas masukan yang telah di berikan Satgas Citrum Harum Sektor 18, meskipun kali ini kita tidak ada produksi jadi tidak ada IPAL yang dibuang ke badan sungai, namun kami akan segera mengikuti aturan yang berlaku sesuai ketentuan,"pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar