News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Optimis Meningkatkan Tugas dan Fungsi Pembinaan Penjara

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Optimis Meningkatkan Tugas dan Fungsi Pembinaan Penjara

Bandung - Wartapasundan.id

Pada hari Selasa, 28 Juni 2022 Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar melaksanakan kegiatan Musyawarah Wilayah DPW IPKEMINDO Jawa Barat dan Seminar Nasional dengan tema "Menyongsong Era Restorative Justice di Pemasyarakatan". Kegiatan yang bertempat di Hotel Harris Kota bandung ini dihadiri oleh Ketua DPP IPKEMINDO Junaedi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Maulidi Hilal, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Ahli Utama Dewa Putu Gede, Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) se-Jawa Barat, dan para pejabat serta anggota IPKEMINDO Jawa Barat.

Mengawali kegiatan dengan Musyawarah Wilayah DPW IPKEMINDO Jabar, membahas pemilihan ketua dan pengurus IPKEMINDO Jawa Barat periode tahun 2022 - 2025 yang menggantikan ketua dan pengurus di periode tahun sebelumnya. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Seminar Nasional yang memnghadirkan narasumber Ketua DPP IPKEMINDO Junaedi dan Dosen Universitas Indonesia Iqrak Sulihin dengan membahas mengenai Restorative Justice yang idenya telah dicanangkan sejak tahun 1964.

Menurut Iqrak, Restorative Justice memiliki hubungan dengan Penelitian Pemasyarakatan (Litmas) untuk proses Restorative dalam hubungannya dengan subsistem peradilan pidana lainnya. Sementara itu Junaedi berpendapat bahwa dalam Integrated Justice System para PK bukanlah bagian akhir dalam Restorative Justice. "Pemasyarakatan merupakan sub-system hukum yang memiliki kesetaraan dengan APH lainnya. Jadi kita harus meningkatkan kualitas kemampuan atau kompetensi kita" tegas narasumber dalam seminar ini.

Menutup seminar, Kadivpas Hilal memberikan penguatan kepada para peserta terkait penguatan karakter peningkatan kualitas SDM. Beliau mengatakan bahwa ada 5 karakter yang perlu dimiliki yaitu: 1. Religius, 2. Nasionalisme, 3. Kemandirian, 4. Gotong royong dan 5. Integritas.(Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar