News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Kali Cilamaran Memerah, Satgas Citarum Harum 19 Datangi Gudang Diduga Pembuang Limbah, Ini Kata DLHK

Kali Cilamaran Memerah, Satgas Citarum Harum 19 Datangi Gudang Diduga Pembuang Limbah, Ini Kata DLHK


Karawang - Wartapasundan.com

Satgas Citarum Harum Sektor 19 bersama aparat melaksanakan pengecekan Air Kali Cilamaran Kelurahan Palumbonsari Kecamtan Karawang Timur  Kab. Karawang yang mendadak memerah, Jum'at (30/09/2022).

Pihak DLHK bersama Satgas Citarum Harum, Anggota DPRD, Satpol PP, aparat desa dan kelurahan setempat kemudian mendatangi perusahaan terkait dan melakukan assasment.

Dansektor 19 Citarum Harum Kolonel Kav R. Ahmad Hudiono.,S.Pd melalui Serka Gangsar menyampaikan, penulusuran ini berawal dari laporan warga RT 03/Rw 14 Kelurahan Palumbonsari tentang memerahnya aliran air Kali Cilamaran Kelurahan Palumbonsari selanjutnya personil Satgas Sektor 19 melaksanakan pengecekan ke lokasi.

"Kita bersama aparat setempat  menemukan  sumber pencemaran tersebut berasal dari gudang penampungan drum PT. Buana Prima Karya yang beralamat di Jalan Baru Tanjungpura Desa Margasari Kecamatan Karawang Timur," kata Serka Gangsar.

Serka Gangsar juga menjelaskan, Pengakuan pihak gudang bahwa seorang pekerja atas nama Ibu Amila telah mencuci 30 buah drum yang berisi sisa cairan warna merah yang mengalir ke anak sungai Cilamaran pada hari Sabtu tanggal 29 September 2022 sekira pukul 19:30 WIB.

"Selanjutnya kejadian tersebut di tangani oleh Polres Karawang dan LH Kabupaten  Karawang dengan memasang garis Police Line di lokasi gudang tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan Lingkungan DLH Karawang, Meli Rahmawati mengatakan, pencemaran air sungai Cilamaran berasal dari salah satu gudang yang menjadi tempat pencucian drum. Saat dicuci drum tersebut mengandung bahan kimia berbahaya. 

"Dari keterangan penyewa gudang, drum bekas bahan kimia dicuci sekitar pukul 22.00 WIB. Namun sampai pagi ternyata masih merah" kata Meli.

Meli, mengatakan pihaknya sudah mengambil sample air yang memerah dan bahan yang ada di dalam drum. Dia juga bakal panggil pemilik, penyewa lahan dan pegawai yang mencuci drum tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Satgas Citarum Sektor 19, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Karawang, Polres Karawang, Anggota DPRD Kab. Karawang H.Endang, Koramil 0401/Karawang, Polsek Kota Karawang, Satpol PP Kab. Karawang dan aparat Kelurahan Palumbonsari dan Desa Margasari. (Rohendi)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar