News Breaking News
Live
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Pohon Ditanam Oleh Jajaran Kodim 0604/Karawang Dalam Rangka Penghijauan

Ratusan Pohon Ditanam Oleh Jajaran Kodim 0604/Karawang Dalam Rangka Penghijauan


Karawang  - Kodim 0604/Karawang, Satgas Sektor 18 Citarum Harum, Muspika kecamatan Karawang Barat bersama masyarakat melakukan penanaman ratusan pohon dibantaran sungai Citarum.

Total ada 250 tanaman produktif dan tanaman pelindung  yang ditanam, tepatnya di Dusun Kaceot kelurahan Tunggakjati, Karawang Barat, Karawang, Kamis (7/12/2023).

Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Dede Hermawan mengatakan, penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka mendukung program penghijauan yang dicanangkan KSAD.

"Kita berkolaborasi TNI Polri, bersama pemda dalam melaksanakan program dari KSAD secara serentak di musim penghujan," kata Dandim.

Dandim menjelaskan, ada di beberapa titik pohon yang di tanam dengan total hampir 10 ribu pohon di wilayah Kodim karawang.

" Total di Kodam III Siliwangi ada 250 ribu pohon yang akan ditanam, untuk di Karawang sendiri kita targetkan kurang lebih 10 ribu pohon," jelas Dandim.

Penanaman pohoh dilakukan dibantaran Sungai, Dandim beralasan sebagai penahanan erosi dan longsor yang berdampak kebanjiran ke pemukiman warga.

"Tanggul mulai menipis dan ada retakan, kita antisipasi dengan penanaman takutnya ada longsor ke  pemukiman warga yang dekat tanggul," ujarnya.

Masih kata Dandim, selain program penghijauan dibantaran sungai, kita melakukan penanaman di lahan kritis serta melaksanakan pembersihan sungai hingga pembersihan di pasar- pasar.

"Selain itu juga kita laksanakan karya bhakti, pembersihan selokan, gorong-gorong hingga pembersihan dibeberapa pasar-pasar yang ada di Karawang," ujarnya.

Diakhir statmennya juga, menanam pohon sama dengan menanam kebaikan di muka bumi dan pohon yang memproduksi oksigen akan bermanfaat bagi kehidupan bagi semua mahkluk hidup di bumi.

"Jadi kalau kita menanam pohon dan pohonnya memproduksi oksigen, yang lewat menghirup udara oksigen dari tanaman yang kita tanam itu amal jariyah, menghidupi jutaan orang," pungkasnya.

Turut hadit Kolonel Kav R Ahmad Hudiono Dansektor 19 Citarum Harum, Letkol inf Dede hermawan dandim 0604 Karawang, Kapten Inf Sukarya Danramil 0401/ Kota Karawang, Kompol Marsono Kapolsek Karawang.

Guruh Sapta Kabid Lingkungan Hidup  Lasmi Ningrum Camat Karawang Barat, Themas Kejaksaan, Farida Lurah Tunggakjat,  Djoko Perwakilan BPBD dan puluhan masyarakat Kelurahan Tunggakjati.

( Team11)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar